Info Blog News - Jika
Anda ingin sebuah Blog yang Anda bangun menarik banyak pengunjung dari hasil
mesin pencari, maka jangan mengabaikan nilai Meta tag. Meta tag memang tidak terlihat
langsung di website, tapi dibaca, dikategorikan, dan digunakan oleh mesin
pencari untuk menafsirkan isi dari halaman Anda. Meta tag yang baik akan membantu
' mengoptimalkan
' situs Anda ketika Anda menggunakan kata kunci yang benar dalam ( teks ) Meta
tag. Meskipun Meta tag saja tidak cukup menjamin optimasi lengkap website atau
Blog, tetapi Meta tag penting untuk di miliki sebagai bagian dari senjata Anda
untuk optimasi mesin pencari.
Nilai dari Judul Meta Tag ( Meta tag Title )
Ada beberapa jenis Meta tag,
ada tiga khususnya yang paling penting. Salah satunya adalah Meta tag title (
meta tag judul ) - baik untuk tujuan SEO dan klik ( pengguna ) langsung ke
website Anda. Tidak hanya mesin pencari memberikan nilai penting pada tag judul
di peringkat website Anda, tetapi meta tag title ini akan menunjuk langsung ke
teks pada hasil pencarian ( google ).
Judul tag harus singkat ( sekitar
5 sampai 10 kata dan kurang dari 100 karakter ), dan menunjukkan deskripsi yang
jelas dari web atau blog Anda. Deskripsi singkat harus memasukkan kata kunci
atau frase kunci yang relevan dengan situs Anda, termasuk nama perusahaan Anda
( ini, jika website terkait dengan perusahaan )
Misalnya,
jika Anda seorang desainer bunga ( karangan bunga ) yang kunci utama frase
adalah " Karangan
Bunga Malang Indah" sebuah meta tag judul dan yang mungkin
lebih tepat adalah seperti ini, " Malang Indah Florist - Desain oleh Riska "
Lihat di bawah ini bagaimana
efektif Bank of America menggunakan tag judul.
Jadi sementara kita ingin
menyimpan SEO di dalam pikiran kita, Anda juga ingin memastikan bahwa judul
Meta tag Anda dapat menarik pengunjung web atau blog. Pengunjung hanya akan
meng-klik langsung ( click through) hanya kepada
Web atau Blog dengan judul yang dianggap relevan, Bagaimana bisa pengunjung
tertarik dengan judul meta tag Anda yang tidak masuk akal… ini penting menjadi
perhatian setiap blogger.
Mengoptimalkan Meta Tag Deskripsi
Meta tag diskripsi adalah
baris kode yang menggambarkan tentang Blog atau Web pada mesin pencari sebagai
dasar mesin telusur ( surfing oleh penggunanya ). Sementara pentingnya SEO akan
deskripsi Meta tag telah berkurang selama bertahun-tahun, masih tetap
mempengaruhi bagaimana situs web Anda dalam hasil pencarian ( mesin pencari ).
Dalam beberapa kasus, ketika
Google tidak dapat menemukan potongan yang lebih relevan dari teks pada halaman
Anda sebagai hasil dari descriptor ( diskripsi blog ), Google akan menggunakan
deskripsi Meta tag saat menampilkan halaman web Anda dalam hasil pencarian.
Untuk alasan ini, penting kiranya untuk membuat ringkasan singkat dari halaman
web Anda, biasanya kurang dari 155 karakter. Sekali lagi, memasukkan beberapa
kata kunci yang paling penting akan membantu crawler mengidentifikasi relevansi
dan penempatan situs web Anda.
Deskriptif dan menggunakan
kata kata ( singkat dipertegas ) untuk menggambarkan apa yang Anda tawarkan,
seperti : Belajar, Lihat, Baca, Pilihan,Tutorial
atau Download. Mulai membuat deskripsi
dengan kata ( singkat dipertegas ) dan kemudian mengikutinya dengan apa yang
pengunjung harapkan ketika pengunjung mengunjungi blog Anda.
Menggabungkan Meta Tag Keywords
Meta tag kata kunci ( Meta tag keyword ) memberi Anda
kesempatan untuk menguraikan kata kunci penting dan frase kunci dari situs
Anda. Meskipun isian Meta tag kata kunci dengan ratusan kata kunci tidak dianjurkan,
biasanya daftar yang baik adalah antara 5
-10 kata kunci itu sudah lebih dari cukup.
Di masa lalu, web master
akan menggunakan Meta tag ini sebagai cara untuk optimalisasi SEO pada setiap
kata kunci atau frase, termasuk jenis usaha dan geografi yang berhubungan
dengan bisnis website. Selanjutnya, algoritma mesin pencari telah mecurigai
meta tag ini adalah"boneka atau bohongan" hanya abal abal tidak
relevan dengan tema Blog itu sendiri, dan dengan demikian meta tag ini bukan
lagi bagian dari pencarian algoritmik. Dengan
begitu banyak update terbaru dari Google, banyak webmaster tidak lagi
menggunakan praktek meta tag ini karena takut dihukum, tetapi jika dilakukan dengan benar, Anda tidak perlu takut akan
hukuman dari google.
Meskipun demikian, ( meta
tag keyword ) atau Meta tag kata kunci masih dibutuhkan untuk memperkuat
relevansi materi web atau blog Anda dan pada beberapa mesin pencari masih
membaca tag ini.
Selain itu, kata kunci dalam
konten Anda dapat dikombinasikan dengan kata kunci Meta tag untuk menghasilkan pencarian
yang optimal. Misalnya, jika konten web Anda memasukkan frase kunci "Perabotan Murah Modern" sementara
kata kunci meta tag memasukkan frase, " Kursi Ukir Modern Murah" maka website Anda dapat memiliki
peningkatan probabilitas muncul untuk dua istilah pencarian, " Perabotan Kursi Ukir Murah dan Modern
"
Memasukkan Meta tag keyword
( kata kunci ) adalah cara lain untuk meningkatkan kemungkinan bahwa website
atau blog Anda akan disajikan pada hasil
pencarian yang lebih.
Hindari Kesalahan Umum Penggunaan Meta Tag
Sementara kita telah mengetahui
secara singkat penjelasan serta pengertian tentang Meta Tag. Namun ada beberapa perangkap Meta Tag yang perlu untuk dihindari
dan pastikan Anda tidak melakukan kesalahan tag Meta berikut:
Implementasi yang salah dengan
Meta-Tag - Tag tidak akan ada
gunanya jika mesin pencari tidak membaca dengan benar. Meta tag harus ditempatkan dalam bagian <head> halaman web
atau blog Anda. Selalu periksa meta-tag Anda melalui online
validator meta-tag seperti http://www.seositecheckup.com.
Seperti yang kita bahas
sebelumnya, praktek cara " isian
kata kunci/keyword " di Meta tag tidak lagi dominan untuk SEO Blog
atau website. Mesin pencari teratas lebih peduli dengan konten yang sebenarnya
dari halaman web, Namun demikian, penggunaan Meta tag keyword harus digunakan
ringkas dan bijaksana.
Kata
kunci berulang - Sebelumnya, webmaster percaya bahwa
jika menggabungkan kata kunci penting sekali, maka menggabungkan 10 kali akan lebih
baik. Ini adalah kesalahan!
Anda lebih baik untuk menahan diri tidak menggunakan kata kunci ( atau lebih baik Anda
tidak memasang meta tag keyword ), atau website Anda dapat dilihat
sebagai spam oleh mesin pencari. Anda tentunya ingin halaman Anda muncul alami pada
mesin pencari serta pengunjung Anda, jadi jangan coba coba memasang meta tag
keyword jika Anda tidak memahaminya dengan baik/bijak memasang tag-nya.
Menggunakan
tag Meta yang sama untuk setiap halaman blog - Beberapa desainer
web menganggap bahwa satu set meta tag
bisa digunakan untuk setiap halaman. Bahkan satu set meta tag dianggap hal standar
untuk digunakan pada halaman Blog yang berbeda.
Padahal Meta tag yang unik
dan deskriptif untuk setiap halaman Blog akan meningkatkan kemungkinan bahwa
halaman web tertentu Anda akan muncul pada hasil istilah pencarian yang relevan. Setiap halaman yang Anda buat
adalah unik, dan Anda ingin mesin pencari dan pengunjung Anda mendapatkan nilai
tertentu dari masing masing kan? Nah, maka pastikan Meta Tag Anda menawarkan
deskripsi yang unik bagi pengunjung dan mesin pencari untuk menemukan keunikannya.
Gunakan
Meta-tag unik untuk web atau blog Anda - Jangan mencuri Meta Tag orang lain jika Anda
ingin bersaing! Buatlah kwalitas konten website Anda unik dan Meta-tag
Anda harus mencerminkan ini. Menggunakan duplikat konten ( atau istilah umum
dunia blogger adalah RAJA COPAS ) bukan pertanda baik pada hasil pencari SERP. Jadi, jangan pergi
ke sumber pesaing tertinggi ( Web atau Blog yang memiliki posisi
terbaik ) kemudian Anda copy dan paste
Meta tag dan deskripsinya lalu memasang pada Blog Anda. Ini akan percuma dan salah besar ! Anda adalah
situs yang unik dengan sesuatu yang unik untuk ditawarkan, jadilah yang UNIK…!!!!
Menggunakan
Tag yang Relevan - Jangan menggunakan Meta tag Judul, atau deskripsi untuk
mencoba dan menipu mesin pencari atau pengunjung. Jika Anda masukan
deskripsi,judul yang tidak relevan ke dalam tag Anda. Maka Anda tidak dapat
berharap pengunjung Blog Anda akan meng-klik kembali ( berkunjung kembali ke
Blog Anda ) karena mereka menyadari bahwa
meraka tidak diberikan apa yang Anda janjikan dan Anda juga akan mendapatkan hukuman yang sangat
besar dari Google. Dengan tingkat bouncing yang tinggi adalah bendera merah
besar bagi mesin pencari utama, dan Google terus memperbarui algoritma untuk
menjadi lebih cerdas ketika mengetahui konten Anda menipu.
Apa yang Terjadi Jika Anda Tidak Menggunakan Meta Description?
Jika Anda lupa untuk
menambahkan Meta Deskripsi ke halaman Anda, Google akan menggunakan potongan
dari paragraf pertama di halaman Anda. Jika Anda kebetulan memiliki kata kunci
yang relevan pada halaman Blog Anda, Google akan berani menggunakan kata kunci
yang relevan untuk SERP. Beberapa dari
Anda mungkin berpikir, Kalau begitu
kenapa mesti repot-repot ? Faktanya tetap tidaklah cukup dengan kata
repot-repot ... dan memasukan Tag tetap harus dilakukan Ini adalah cara yang
paling efektif mungkin gratis, mengapa Anda menyia-nyiakan kesempatan itu?
Teknologi
algoritma mesin pencari telah menjadi sangat canggih.
Dan meskipun SEO Meta tag dikembangkan oleh web designer sebagai alat yang
berguna untuk mesin pencari sebagai cara untuk mengindeks, berlebihan kiranya
jika kita mengabaikan untuk memasukkan Meta Tag dan mengandalkan
peng-indeks-kan mesin pencari pada potongan
kode dari paragraf pertama halaman
web atau blog Anda hal ini sudah
mengalami penurunan beberapa dampaknya karena teknologi algoritma sudah semakin
canggih. Namun, bila digunakan sebagai yang dimaksudkan, dengan Meta-tag kata kunci yang sangat
terfokus dan ringkas dan deskripsi di website Anda masih bisa menambah
efektivitas optimasi mesin pencari.
Semoga Bermanfaat…