Iklan

Cara Memperbaiki ERROR atikmdag.sys BSOD di Windows 10

Info Blog News - Blue screen adalah masalah menjengkelkan bagi pengguna Windows siapapun tidak ingin mendapat masalah dengan blue screen tentunya. Microsoft telah mencoba yang terbaik untuk memperbaiki kesalahan ( error ) dengan menyediakan update secara rutin namun masih ada banyak masalah yang menyebabkan Windows crash.

Banyak pengguna telah melaporkan error BSOD pada Windows 10 yang disebabkan oleh atikmdag.sys saat upgrade dari Windows 7 / Windows 8 ke Windows 10.

Blue Screen ini menjadikan PC tidak bisa melakukan booting secara normal. Restart PC –pun juga tidak akan bisa menyelesaikan kasus seperti ini.

Cara Memperbaiki ERROR atikmdag.sys BSOD di Windows 10


Penyebab Error atikmdag.sys

Kesalahan BSOD ini umumnya disebabkan oleh driver graphic card eksternal yang menciptakan konflik dengan hardware. Pada sebagian besar kasus di PC dengan graphic card AMD memiliki masalah ini setelah upgrade ke Windows 10. Penyebab utama di balik BSOD ini adalah file sistem yang disebut atikmdag.sys yang cenderung membuat PC crash dan menyebabkan blue screen.


Solusi untuk Memperbaiki Error BSOD atikmdag.sys


Solusi untuk memperbaiki kesalahan BSOD yang disebabkan oleh atikmdag.sys cukup sederhana. Anda harus uninstall driver yang crash dengan PC Anda. Ikuti petunjuk berikut untuk mengatasi masalah ini.

1. Boot PC pada posisi Safe Mode   dengan menekan F8 beberapa kali pada saat startup. Kemudian akan membawa Anda menuju menu pilihan berikutnya. Klik Troubleshoot Pilih Advanced options.

Cara Memperbaiki ERROR atikmdag.sys BSOD di Windows 10


Pada langkah berikutnya, Anda akan melihat Startup Settings. Klik pada angka 4 dan 5 atau tekan F4 atau F5 ( lihat gambar dibawah ). PC Anda akan restart dan masuk ke Safe Mode.

Cara Memperbaiki ERROR atikmdag.sys BSOD di Windows 10


Jika dengan menekan F8 tidak berhasil untuk Safe Mode. Silahkan baca panduan tentang Caramasuk Safe Mode di Windows 10 dan 8 dan kemudian setelah boot ke safe mode; kembali ke panduan ini.

2. Sekarang, Anda perlu menghapus driver yang menyebabkan masalah. Untuk meng-uninstall driver, masuk ke Device Manager dengan menekan Win + X dan pilih dari perangkat manajer lihat daftar. Cari driver yang bertentangan ( crash ) dan klik kanan untuk meng-uninstall dari sistem.

Cara Memperbaiki ERROR atikmdag.sys BSOD di Windows 10


3. Setelah menguninstall, Masuk ke Programs and Features pada Control panel dan hapus AMD Catalyst Install Manager (Untuk AMD graphic cards) atau perangkat lunak lain yang terkait dengan graphic cards Anda; dengan cara yang sama seperti yang Anda lalukan ketika menghapus aplikasi lainnya. Reboot komputer Anda setelah proses ini.

4. Setelah reboot, Download Driver dengan update terbaru kemudian meng-installnya dan masalah ERROR atikmdag.sys BSOD Anda akan teratasi.

Semoga bermanfaat….

Next
Prev Post
Previous
Next Post

3 komentar:

  1. Min saya setiap main game muncul video tdr failur

    BalasHapus
  2. Min.
    Saya sudah lakukan sesuai petunjuk, dan sudah update, tapi masih saja tetap bluescreen error kembali.
    Punya saya Lenovo Ideapad 320.

    BalasHapus