Iklan

Hilanganya Koneksi Internet Setelah Instalasi Windows 10

Hilanganya Koneksi Internet Setelah Instalasi Windows 10

Info Blog News - Setelah peluncuran Windows 10, mayoritas pengguna Windows mulai bergeser ke Sistem Operasi yang terbaru. Naaa… dan tidak sedikit pengguna yang mengalami masalah kehilangan koneksi internet setelah menginstal Windows 10. Hal ini cukup menarik sebab Windows 10 adalah penerus dari semua Windows dan semestinya sebagai yang terbaik dari semua versi Windows sebelumnya. Kita tahu bahwa setiap permasalahan tentu ada jalan keluarnya namun akan menjadi masalah tersendiri jika tidak cepat terselesaikan sementara pekerjaan kita terkait dengan aktifitas di internet.

Meskipun, kadang-kadang, Windows menunjukkan bahwa sistem terhubung ke internet tetapi tidak bekerja sama sekali. Dan mencoba untuk memperbaiki permasalahan ini secara otomatis namun tidak membawa solusi. Jadi, dalam panduan ini, Info Blog News akan mencoba untuk memberikan tips cara memperbaikinya.


Alasan Dibalik Masalah "Hilanganya Koneksi Internet Setelah Instalasi Windows 10"

Salah satu penyebab umum dari masalah ini adalah hilang atau corupt pada Windows Socket API (winsock) pada registry Windows. Kadang-kadang, key registri yang terkait dengan winsock mungkin rusak atau corupt oleh beberapa virus. Jadi, hal ini yang menyebabkan koneksi internet shutdown. Konfigurasi TCP / IP juga bisa menjadi penyebab utama di balik masalah ini.
Hal lain yang mungkin juga bisa menjadi masalah adalah network card drivers rusak atau tidak terpasang dengan benar.  


Solusi untuk Memperbaiki Masalah "Hilanganya Koneksi Internet Setelah Instalasi Windows 10"

Ada beberapa penyebab di balik permasalahan ini, sehingga, mungkin ada beberapa solusi untuk memperbaikinya. Ikuti langkah langkah berikut ini agar koneksi internet Anda di Windows 10  kembali terhubung.


Cara 1: Reset Winsock dan TCP / IP

Resetting Windows Socket API  sebagai trik dalam sebagian besar kasus yang terkait dengan problem koneksi internet pada windows. Anda juga akan diminta untuk me-reset protokol IPv4 dan IPv6 untuk dapat kembali terhubung dengan internet Anda. Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Buka Command Prompt (Admin) dengan mengklik kanan atas menu start dan memilih dari daftar. Anda juga dapat menggunakan tombol Win + X pada keyboard dan pilih dari daftar.

Hilanganya Koneksi Internet Setelah Instalasi Windows 10


2. Ketik perintah berikut di dalam Command Prompt dan tekan Enter setelah mengetik masing-masing perintah dibawah. Anda juga dapat menyalin / paste perintah dengan mengklik kanan di dalam command prompt, kemudian mem-pastenya

Perintah:   

netsh winsock reset catalog
netsh int ipv4 reset reset.log
netsh int ipv6 reset reset.log

Catatan: Tekan Enter setelah mengetik setiap baris.

Hilanganya Koneksi Internet Setelah Instalasi Windows 10


3. Setelah proses selesai, Reboot komputer dan periksa koneksi internet Anda sudah terhubung atau tidak.


Cara 2: Update Network Adapter Driver

Kadang-kadang, setelah instalasi Windows, driver yang kompatibel tidak diinstal oleh Windows karena kurangnya dukungan pada adapter tertentu. Jadi, men-download dan memperbarui driver adaptor dari situs web produsen secara manual dapat memecahkan masalah koneksi internet yang tidak tersambung.

1. Download driver terbaru dari situs web produsen.

2. Setelah driver di-download, arahkan ke Device Manager > Network adapters dan klik kanan pada salah satu yang Anda gunakan untuk konektivitas internet Anda. Pilih Update Driver Software dari atas.

Hilanganya Koneksi Internet Setelah Instalasi Windows 10


3. Di dalam jendela pembaruan, klik Browse my computer for driver software dan browsing driver yang sesuai, silahkan Anda download dari hard drive dan tekan tombol Next. Setelah proses ini selesai, Restart PC Anda dan periksa koneksi internet Anda. Harapannya beberapa tips di atas bisa mengatasi masalah yang terkait dengan koneksi internet yang hilang setelah installasi Windows 10.

Hilanganya Koneksi Internet Setelah Instalasi Windows 10


Semoga bermanfaat… mohon share tutorial diatas jika Anda merasa tertarik dan tinggalkan komentar jika Anda masih memiliki masalah yang terkait dengan tema judul diatas. 

Next
Prev Post
Previous
Next Post
Buka Komentar