Iklan

Cara Mengirimkan Sitemap Blog ke Google Search Console

Cara Mengirimkan Sitemap Blog ke Google Search Console

Info Blog News - Ketika kita membuat website atau Blog, salah satu masalah yang paling umum dan harus diatasi adalah bagaimana mendaftarkan situs ke mesin pencari seperti Google.

Bagi seorang pemula tidak menyadari bagaimana mesin pencari ( google misalnya )  menjalankan tugasnya, Pemula mungkin berpikir bahwa perlu membayar Google atau mesin pencari lain untuk daftar situs atau Blog miliknya. Tentu saja hal ini tidak benar !. Anda dapat mendaftarkan Blog  Anda dalam pencarian Google secara gratis. Satu satunya cara yang harus Anda lakukan agar Blog atau situs Anda dapat di temukan oleh mesin pencari Google misalnya, atau mesin pencari lainnya. Dalam panduan ini saya akan berbagi tips secara ekstensif tentang cara mengirimkan peta situs Anda ke Google Search Console.

Google Search Console  ( sebelumnya Google Webmaster Tool ) adalah perangkat gratis yang memungkinkan Anda mengontrol Blog atau Website Anda dari sudut pandang mesin pencari. Pertama kita perlu memahami apakah peta situs ( sitemap )  itu ? dan kenapa mengirimkan sitemap blog Anda ke mesin pencari itu penting ?

Sitemap adalah sebuah file XML yang berisi URL di dalam blog Anda. File ini membantu crawler untuk menemukan semua URL blog Anda.

Ada banyak aspek yang akan diikuti crawler  dari situs Anda, seperti ukuran sitemap dan jumlah URL di sitemap Anda. Singkatnya, sitemap merupakan indeks lengkap blog Anda yang ingin di lihat oleh bots mesin pencari.

Secara sederhana, sebuah file sitemap berisi semua URL blog Anda, dan Anda mengirimkan file tersebut agar mesin pencari tahu tentang semua halaman blog Anda. Bots mesin pencari mengikuti file sitemap untuk menjelajah dan mengindeks situs web Anda.

Untuk website biasanya kita menggunakan sitemap online generator untuk membuat file sitemap dan mengirimkan ke Google Search Console yang ditawarkan oleh Google dan Bing untuk Yahoo. Untuk blog WordPress, Anda dapat menggunakan plugin yang secara otomatis terus mengupdate file sitemap setiap mempublikasikan posting baru. Dengan cara ini, Anda tidak perlu mengirim ulang sitemap baru setelah menerbitkan artikel baru. Ini adalah praktek yang baik untuk menempatkan link file sitemap Anda di footer dari situs Web sehingga mesin bots pencari dapat dengan cepat menemukan dan mengikuti file sitemap dan meng-index blog Anda lebih efektif.

Sekarang Anda tahu apa itu sitemap kan !.......mari kita beralih ke tema berikutnya.



Bagaimana cara mendapatkan sitemap untuk website WordPress


Peta Situs atau sitemap dapat dihasilkan dengan cara yang berbeda tergantung pada platform yang Anda gunakan untuk website Anda. Misalnya, peta situs Wordpress dapat dengan mudah diperoleh dengan menggunakan plugin SEO populer dengan masuk ke Yoast SEO.

Untuk platform lain seperti pada situs statis, ada banyak perangkat online yang akan membantu men-genetare sitemap Blog Anda. Pada posting ini, saya menganggap Anda tahu bagaimana cara mendapatkan sitemap ( file sitemap.xml ), dan sekarang kita akan belajar bagaimana untuk mengirimkan sitemap yang ke Google.


Cara Mengirimkan Sitemaps.xml ke Google Search Console


Ketika kita mengirimkan sitemap ke Google dengan menggunakan Google Search Console ( dulu Webmastertool ). Dengan asumsi bahwa Anda telah memverifikasi situs Anda di Google Search Console dan Anda telah login ke alat webmaster : DISINI

1. Pada Dashboard disini, silahkan Anda klik pada Sitemap oleh saya ( #) >>

Cara Mengirimkan Sitemap Blog ke Google Search Console


2. Kemudian Klik "Add / Test Sitemap"


Cara Mengirimkan Sitemap Blog ke Google Search Console


3. Masukkan URL sitemap Anda ( URL Blog Anda sudah otomatis terlampir )

Contoh :

http://nama-blog-anda.blogspot.co.id/feeds/posts/default     

atau anda dapat isikan

http://nama-blog-anda.blogspot.co.id/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500   


Cara Mengirimkan Sitemap Blog ke Google Search Console



4. Jika Anda memiliki link sitemap.xml masukkan saja seperti ini :

Cara Mengirimkan Sitemap Blog ke Google Search Console


5. Klik Refresh untuk melihatnya. Namun status peng-indeks-annya adalah tertunda, anda bisa lihat kembali esok hari untuk perubahan statusnya menjadi ter-index ( ini khusus bagi blog yang baru didaftarkan ke google search console ). Ini tergantung pada jenis sitemap yang telah dihasilkan, Jika Anda menjalankan sebuah situs dengan banyak gambar, saya sarankan Anda membuat sitemap gambar. Anda juga dapat membuat sitemap video untuk website Anda. Untuk blog WordPress, Anda dapat membuat peta situs gambar menggunakan plugin WordPress.

Jika Anda telah mengirimkan peta situs terpisah untuk artikel, foto dan video, Anda akan melihat status untuk link tersebut. Berikut adalah contoh dari status indeks dari blog yang mengirimkan peta situs artikel, gambar dan video secara terpisah.
Status Indeks situs

Cara Mengirimkan Sitemap Blog ke Google Search Console

Silahkan untuk berbagi posting ini dengan siapa pun yang mungkin mendapat manfaat dari informasi ini, termasuk teman-teman Facebook Anda, Twitter follower Anda dan teman teman di lingkaran Google+ Anda!

Semoga bermanfaat…
Next
Prev Post
Previous
Next Post
Buka Komentar