Iklan

Cara Mengatasi REGISTRY ERROR Nilai Tidak Valid Saat Membuka file JPG

Tutorial ini saya buat berdasarkan pengalaman yang terjadi pada PC tetangga OS Win 8.1 yang tiba tiba terjadi error ketika membuka semua foto pernikahan mereka. Setelah saya melihat permasalahan ini saya mengambil kesimpulan bahwa aplikasi foto tersebut terjadi masalah. Dan saya mencoba memperbaiki error ini dengan cara meng-unistallnya kemudian menginstallnya kembali.

Kesalahan ini biasanya terjadi setelah upgrade dari Windows 7/8 atau 8.1 ke Windows 10. Ternyata kesalahan disebabkan oleh registri korup. Registry menyimpan instruksi dari semua program, Registry memberitahu komputer kemana harus pergi dan apa yang harus dilakukan bila tindakan tertentu diambil. Yang saya bahas disini adalah jika itu terjadi pada aplikasi bawaan Windows yang umumnya tidak bisa di uninstall.

Saya jelaskan dulu mengapa kesalahan ini bisa terjadi : ketika Anda mencoba dan membuka gambar pada PC, Anda memiliki referensi registri untuk memberitahu Program yang digunakan untuk membuka gambar, ketika registri melakukan tindakan berdasarkan instruksi tersebut, nilai yang ditemukan tidak diketahui oleh program, sehingga mengembalikan kesalahan tersebut. Dalam hal ini Anda tidak dianjurkan untuk mengedit secara manual / terbuka atau mengubah pengaturan registry kecuali Anda 100% yakin tentang perubahan registry yang Anda lakukan…hati hati. Dalam turorial ini saya akan memberikan langkah-langkah pemecahan masalahnya.

Catatan : Sebenarnya nilai registry yang tidak valid dan menjadi penyebab error ini bisa terjadi pada aplikasi apapun bawaan windows.


Mengatasi Masalah Nilai tidak valid Untuk Kesalahan Registry

Pendekatan pertama di sini adalah untuk meng-uninstall aplikasi Foto atau aplikasi yang menyebabkan masalah dan kemudian menginstalnya kembali. Menginstal ulang kembali dengan memasukkan menulis-ke registry pengaturan yang benar sehingga aplikasi ini bisa bekerja normal. Kebanyakan aplikasi bawaan tidak dapat dihapus melalui cara konvensional  jadi kita harus menggunakan PowerShell untuk menghapus aplikasi Photo atau aplikasi lainnya yang bermasalah. Untuk memudahkan saya telah menyusun daftar perintah yang akan digunakan ( sebagai eksekusi ) di PowerShell.

Pertama klik tombol Start yang terletak di pojok kiri bawah, Ketik PowerShell dan kemudian klik kanan pada PowerShell dan pilih Run As Administrator.


Cara Mengatasi REGISTRY ERROR Nilai Tidak Valid Saat Membuka file JPG


Kemudian pada menu PowerShell ketik perintah berikut Uninstall Foto App


Cara Mengatasi REGISTRY ERROR Nilai Tidak Valid Saat Membuka file JPG


Get-AppxPackage *photos* | Remove-AppxPackage

Setelah terhapus ketik berikut pada PowerShell untuk menginstal-nya kembali.

Get-AppxPackage -AllUsers| Foreach {Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register “$($_.InstallLocation)\AppXManifest.xml”}

Setelah langkah diatas selesai seharusnya aplikasi foto bawaan sudah bisa normal kembali  sama seperti apa yang sudah Admin lakukan. Jika masih terjadi masalah setelah mengikuti tutorial diatas, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar..

Catatan : Sebuah tutorial tidak menjadi jaminan sebuah solusi atas pemasalahan permasalahan yang sekiranya mirip atau bahkan sama, karena banyaknya faktor penyebab yang menjadikan ERROR pada sebuah mesin ( PC & Laptop ) yang sekiranya memiliki kesamaan namun penyebabnya yang berbeda.

Semoga bermanfaat…

Next
Prev Post
Previous
Next Post
Buka Komentar