Iklan

Bagaimana Blog atau Website dikatakan SEO ?

Bagaimana Blog atau Website dikatakan SEO ?
Info Blog News - Kali ini, Info Blog News akan memberikan tips atau informasi tentang Alasan Struktur Blog atau Web berpengaruh pada SEO. Kenapa ? karena semakin baik struktur sebuah Blog atau Website, akan memberikan peluang besar berada di peringkat tinggi dalam mesin pencari. Masing masing Blog atau web mempunyai struktur yang berbeda-beda.

Ada yang memang memiliki struktur yang tertata rapi atau mungkin ada yang sebaliknya. Jika kita teliti dan berhati-hati dengan struktur blog atau website kita, maka akan menghasilkan web yang memiliki keistimewaan dalam hasil pencarian. Menentukan struktur tidak terpengaruh dengan engine web yang dipakai.


Struktur Web atau Blog itu penting dalam SEO

Jika kita mengamati beberapa contoh blog yang hanya mementingkan desain tanpa memperhatikan struktur didalamnya, Saya yakin jika hal ini tidak dicermati oleh si pemilik, trafik menurun adalah dampaknya, Blog harus memperhatikan aspek yang paling penting untuk meningkatkan SEO, dan banyak webmaster dan pemilik blog atau web memahami arti pentinya memiliki struktur blog atau website yang baik dapat meningkatkan SEO. Namun ini masih sering terabaikan? Sepenting apa sih? Ok.. kita akan kupas dibawah ini :

Info Blog News akan berbagi beberapa alasan mengapa struktur web atau blog sangat penting, dan pada pembahasan selanjutnya akan menjelaskan bagaimana cara untuk mengembangkan struktur web atau blog yang bagus untuk SEO.


Pengalaman User yang baik adalah cermin struktur Blog atau Web yang sempurna.

Ketika seseorang membuat blog atau web maka acuannya adalah desain entah warna, font, grafis, dan gambar. Yang perlu diingat bahwa desain website yang baik memiliki struktur yang sangat baik dan kuat, Namun pada umumnya kita hanya melihat desainnya saja, seperti contoh ( saya sendiri hanya download template free ) namun saya merubah struktur apa yang saya anggap kurang pas, ingat bahwa pengunjung blog atau web kita bukan kita sendiri. Kita anggap TEMPLETE yang kita download ber-desain bagus namun bagi pengguna dianggap ribet dari sisi strukturnya, bisa jadi dari navigasi dsb..

Seperti yang kita tahu, semakin menarik sebuah Blog atau Web bagi pengguna, maka akan semakin menarik dimata mesin pencari. Algoritma Google menggunakan informasi dari oengguna untuk menentukan peringkat Blog atau Web. Jika website kita memiliki CTR ( lama kunjungan ) yang rendah, maka akan berdampak buruk pada SERP.

Sebaliknya, bila pengguna menemukan blog atau web yang menarik dengan struktur yang bagus, pengunjung tidak akan segera keluar dan pengunjung akan menghabiskan waktu lebih lama dan tentunya akan sangat baik pada SEO. Struktur blog atau web yang baik dapat mengurangi tingkat bouncing dan meningkatkan waktu kunjungan, dan pastinya akan meningkatan peringkat.


Struktur Website yang baik akan membuat tautan web atau (sitelink) secara otomatis.

Sitelinks adalah format list di SERP yang menunjukkan halaman utama blog atau web bersama dengan beberapa link internal yang berada di bawah. Anda tentu pernah menjumpai sitelink pada web-web terkenal.

Bagaimana Blog atau Website dikatakan SEO ?


Sitelinks membawa keuntungan besar pada SEO. Sitelink meningkatkan view link dari blog atau web anda, mengarahkan pengguna ke informasi yang paling relevan, meningkatkan reputasi blog yang pasti, meningkatkan kepercayaan pengguna, dan tentunya membantu anda mendominasi SERP. Pada dasarnya, sitelink adalah dibangun berdasarkan kwalitas.

Tapi bagaimana kita bisa mendapatkan sitelinks? Itu kan pertanyaannya …kita tidak hanya bisa menggunkan Google Webmaster Tools dengan hanya mengisi beberapa form lalu tercipta sitelink. Kita tidak dapat membuat permintaan sitelink. Sebaliknya, Algoritma Google akan secara otomatis memberikan sitelinks. Dan google memberikan ini berdasarkan struktur blog atau web yang baik.

Tidak adanya sitelinks pada blog atau web Anda bisa disebabkan struktur blog atau web yang kurang baik, dan kurangnya backlink yang diterima. Backlink bisa Anda raih jika blog atau web mempunyai kepercayaan dari blog atau web lain, dan cara untuk mendapatkan kepercayaan dari blog lain adalah dengan membuat web yang baik, dan memiliki struktur yang baik pula.


Crawler mudah merayapi Blog atau Web yang memiliki struktur yang baik.

Crawler seperti Google bot bertugas menjelajahi struktur sebuah blog atau website. Tujuannya adalah untuk mengindeks konten untuk ditampilkan dalam hasil pencarian. Semakin baik struktur blog tau website semakin mudah crawler dalam melakukan peng-indeks’an konten.

Crawler ini tidak secara otomatis menemukan semua yang ada di blog atau website. Google bahkan mengakui, “[there are] pages on your site we might not…discover,” atau “URLs that may not be discoverable by Google’s normal crawling process.” ( Itulah sebabnya kenapa sitemap blog atau website diperlukan ). Namun, crawler akan jauh lebih mudah dalam mengakses, menjelajahi dan pengindeksan sebuah blog atau  web yang memiliki struktur yang baik.

Jadi dapat disimpukan bahwa 

Pembuatan struktur blog atau web adalah langkah yang paling penting sebelum anda membuat blog ( Jika Anda download template jangan terpaku pada desainnya saja…! ). Dan jika Anda menganggap strukturnya kurang sempurna Anda bisa mendesain ulang dan re-form beberapa elemen navigasi untuk meningkatkan SEO secara struktural.

Itulah tips bagaimana mengetahui Blog atau Website bisa dikatakan SEO, ada banyak hal yang perlu diingat ketika mengoptimalkan blog atau web untuk mesin pencari. Struktur blog atau website adalah salah satu yang paling penting, tetapi masing sering terabaikan. Jika kita memiliki struktur blog yang baik, maka SEO mengikutinya.


Cara Membuat Struktur Website yang SEO

Mari kita bahas juga cara membuat struktur website yang baik dan benar langkah demi langkah:

Rencanakan Sebuah Hirarki

Jika kita baru pada tahap memulai sebuah website, maka kita berada dalam posisi yang bagus untuk merencanakan struktur website SEO yang baik. Tidak peduli dengan metode apa yang kita terapkan dalam membuat web, segeralah untuk membuat rencana pembuatan struktur untuk website kita. Kita dapat memulainya dengan membuat konsep di papan tulis, program spreadsheet (Excel, Google Drive Spreadsheet), atau software lain seperti Visio atau OmniGraffle.

Sebuah ” Hirarki ” tidak lebih dari cara untuk mengatur informasi kita, sesuatu yang sederhana tapi memberikan efek yang besar. Hirarki juga akan menjadi navigasi dan struktur URL kita, sehingga segala sesuatu yang penting dimulai di sini (hal yang paling mendasar dalam merencanakan pembuatan website).

Umumnya, hirarki website terlihat seperti ini:

Bagaimana Blog atau Website dikatakan SEO ?

Ada beberapa point dari hierarki yang harus diingat.

Buatlah hirarki yang sederhana. Jangan terlalu berlebihan atau memperumit proses ini. kita ingin kesederhanaan, baik untuk kepentingan kita sendiri dan untuk kemudahan crawler dan user. Setiap kategori utama harus unik dan berbeda. Setiap sub-kategori harus berhubungan dengan kategori utama di mana ia berada.

Tetap jaga jumlah kategori utama antara dua dan tujuh. Kecuali web kita adalah Amazon.com, batasi agar tidak terlalu banyak kategori utama. Jika kita ternyata membutuhkan lebih dari tujuh, cobalah untuk memikirkan kembali, dan kurangi sedikit.

Cobalah untuk menyeimbangkan jumlah subkategori dalam setiap kategori. Pada dasarnya, cobalah untuk tetap sesuai. Jika salah satu kategori utama memiliki empat belas subkategori, sedangkan kategori utama lain hanya memiliki tiga subkategori, ini bisa menjadi tidak seimbang.

Sebuah hirarki website adalah titik awal untuk struktur website yang kuat. Dalam tahap cara membuat struktur website akan dimulai pada tahap ini.


Cara Membuat Struktur Website (URL) yang Mengikuti Hirarki Navigasi

Hal yang terpenting kedua dalam mengembangkan struktur website yang kuat adalah pembangunan struktur URL. Jika kita telah menemukan alur yang jelas melalui hirarki kita, maka seharusnya menentukan struktur URL tidak terlalu sulit. Karena struktur URL kita mengikuti hirarki kita.

Jadi, katakanlah hirarki kita terlihat seperti ini:

Bagaimana Blog atau Website dikatakan SEO ?

Struktur URL untuk lokasi ” Cara Backup Restore Database MySQL di PHP ” akan terlihat seperti ini:

http://infoblogberita.blogspot.co.id/skrip/cara-backup-restore-database-mysql-php/

Struktur URL kita akan diatur sesuai dengan hirarki web kita. Ini berarti, secara jelas bahwa URL kita akan memiliki alamat dan kata-kata yang jelas (bukan sekedar hanya symbol atau angka) dengan begini kita bisa menentukan keyword yang sesuai.

Buat Navigasi web Anda Dalam HTML atau CSS

Bila kita sedang membuat navigasi, buatlah yang sederhana dan jangan terlalu rumit baik dari segi penulisan, penempatan dan kata-kata. HTML dan CSS adalah media yang paling baik untuk pembuatan navigasi kita. Menaruh URL navigasi dengan pada JavaScript, Flash, dan Ajax akan membatasi kemampuan crawler untuk menjelajahi navigasi web dan hirarki.

Gunakan Struktur Navigasi Sederhana dan Jelas

Struktur navigasi kita sudah jelas akan mengikuti hirarki web. Tapi yang perlu dipastikan adalah bahwa halaman yang penting tidak terkubur terlalu dalam. web yang memiliki struktur navigasi yang dangkal akan bekerja lebih baik, baik dari perspektif kegunaan dan crawler.

Sebuah web dengan struktur dangkal (yaitu, yang hanya membutuhkan tiga atau lebih sedikit klik untuk mencapai setiap halaman) jauh lebih disukai daripada website yang mempunyai struktur yang dalam (yang memerlukan klik yang banyak untuk melihat setiap halaman di web).


Buatlah Header yang Berisi Daftar Navigasi Utama

Header kita harus diisi daftar halaman utama atau halaman yang penting. Lihat pada web nyekrip ini, pada samping kanan telah disajikan halaman-halaman yang penting, sehingga disini nyekrip menaruh link tersebut diatas supaya dianggap penting oleh user maupun crawler. 

Perhatikan gambar dibawah:

Bagaimana Blog atau Website dikatakan SEO ?

Menambahkan elemen menu lain selain dari kategori utama bisa menjadi mengganggu dan itu sangat tidak perlu. Jika kita telah merancang sebuah web parallax, pastikan untuk menyediakan menu Header yang mencolok.

Apalagi jika kita juga menambahkan menu dropdown dengan menggunakan efek CSS yang indah, maka dipastikan dapat meningkatkan pengalaman user, meskipun tidak meningkatkan SEO secara signifikan.

Jika memiliki footer dengan link menu, pastikan untuk menduplikasi link utama navigasi menu utama kita dalam menu navigasi footer (kasus ini jika kita minim link). Jangan mengubah urutan link atau menambahkan tambahan daftar kategori, tetap pastikan sesuai konsep, karena dikhawatirkan akan menyulitkan pengguna dan bertambahnya jumlah link.


Mengembangkan Struktur Internal Link

Internal link merupakan daging pada tulang hirarki website. Artikel Moz telah membahas link internal dan berisi tiga alasan mengapa internal link sangat penting:

Memungkinkan pengguna untuk menavigasi web
Membantu membangun informasi hirarki untuk website
Membantu penyebaran link juice (ranking power)

Masing-masing secara langsung terkait dengan penciptaan struktur web yang terintegrasi dengan baik.Tidak perlu terlalu rumit dalam membuat internal link. Ide dasarnya adalah bahwa setiap halaman di web harus memiliki beberapa link (mengandung link dari halaman lain). Internal Link memberitahu mesin pencari halaman mana yang penting, dan bagaimana menuju ke sana.

Dalam optimasi website, selain membuat struktur website yang tepat, membuat desain yang responsive juga merupakan langkah awal yang penting

Kesimpulan

Demikian tutorial Cara Mengetahui bagaimana blog dikatakan SEO dan bagaimana cara membuat Struktur Blog atau Website yang SEO. Membuat Struktur yang tepat pada web adalah langkah yang tepat untuk optimasi website pada mesin pencari dan menarik pengunjung. Waktu terbaik untuk mengembangkan atau membuat struktur adalah pada saat anda masuk dalam tahap perencanaan pembuatan web.

Semoga bermanfaat….
Next
Prev Post
Previous
Next Post
Buka Komentar